Kamis, 23 Mei 2013

Posted by Ai Rahmawati | File under :
Geografi berasal dari kata Geo dan Graphien, Geo artinya Bumi, dan Graphien artinya Tulisan atau Lukisan. Secara harfiah, Geografi berarti lukisan tentang bumi, namun pada pembahasan oleh para pakar Geografi selanjutnya pengertian itu tidak hanya sekedar tulisan atau lukisan saja, melainkan meliputi juga penelaahan lebih jauh.

Konsep Geografi menurut Council of Geographical Association (1919)

Geografi berkenaan dengan dunia nyata, dunia yang dipelajari seseorang dengan baik. Namun penelaahan Geografi tidak berakhir pada hal-hal yang terlihat dari luar, penelaahan tersebut juga meliputi sebab-akibat mengapa dunia nyata tersebut menampakkan demikian yang dipandang sebagai keseluruhan yang menghubungkan bagian-bagian sebagaimana adanya. Hal itu meliputi hubungan dengan ilmu kealaman, berkenaan dengan cara bagaimana hal-hal itu telah mempengaruhi manusia dan kebalikannya telah dimodifikasi, diubah dan diadaptasi oleh tindakan manusia (Williams, M).

Konsep Geografi menurut rumusan Geografian Indonesia pada Seminar dan Lokakarya Nasional Peningkatan Kualitas Pengajaran di Semarang tahun 1988 : "Geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang lingkungan atau kewilayahan dalam konteks keruangan."

Geosfer mempelajari mengenai permukaan bumi yang merupakan bagian dari bumi yang terdiri atas atmosfer (lapisan udara), litosfer (lapisan batuan dan kulit bumi), hidrosfer (lapisan air/perairan), dan biosfer (lapisan kehidupan).

Pada konsep Geografi ini terungkap hubungan saling memengaruhi antara fenomena alam di tempat-tempat tertentu dengan perilaku serta tindakan manusia. Ada 2 kelompok konsep dasar dalam Geografi, yaitu:
  1. Getrude Whipple : Bumi sebagai planet, variasi cara hidup, variasi wilayah-wilayah alamiah, makna wilayah (region) bagi manusia dan pentingnya lokasi dalam memahami peristiwa dunia.
  2. Henry J. Warman : Konsep wilayah, lapisan kehidupan, manusia sebagai faktor ekologi dominan, globalisme atau bumi sebagai planet, interaksi keruangan, hubungan areal, persamaan areal, perbedaan areal, keunikan areal, persebaran areal, lokasi relatif, keunggulan komparatif, perubahan abadi, sumber daya yang dibatasi secara budaya dan konsep peta.
Kajian Materi Geografi

Menurut Broek (1980), hakikat Geografi ada 6, yaitu:
  1. Geografi sebagai ilmu pengetahuan biofisik
  2. Geografi sebagai relasi hubungan timbal-balik antara manusia dengan alam
  3. Geografi sebagai ilmu ekologi manusia
  4. Geografi sebagai studi bentang lahan
  5. Geografi sebagai studi penyebaran gejala di permukaan bumi
  6. Geografi sebagai teori keruangan bumi
Kajian materi Geografi bisa dilihat dari 2 sudut pandang, yaitu:
  1. Objek Material : Meliputi gejala-gejala yang terdapat dan terjadi di permukaan bumi
  2. Objek Formal : Adalah cara memandang dan cara berfikir terhadap objek material tersebut dari segi Geografi yaitu segi keruangan, lingkungan dan kompleks wilayah. Dalam sejarah perkembangan Geografi, objek kajian Geografi mengalami perubahan. Awal mulanya mempelajari nama-nama tempat, seluk beluk yang berkaitan dengan peta sampai pada penggambaran (deskripsi) tempat-tempat yang belum dikenal di permukaan bumi.


Download materi lengkapnya disini


Referensi:
Powerpoint tentang "Karakteristik Konsep Geografi" dari bpk Ibnu Hurri, H. S.sos

0 komentar:

Poskan Komentar