Jumat, 24 Mei 2013

Posted by Ai Rahmawati | File under :
Secara umum Sejarah adalah ilmu yang mempelajari peristiwa-peristiwa kehidupan manusia pada masa lampau. Menurut Hugino dan P.K. Poerwantana, "Sejarah adalah gambaran tentang peristiwa-peristiwa masa lampau yang dialami manusia, disusun secara ilmiah meliputi urutan waktu, diberi tafsiran dan analisis kritis sehingga mudah dimengerti dan dipahami." Sejarah sesungguhnya melekat pada tiap benda, tiap diri makhluk, baik yang hidup maupun yang tidak hidup, tiap fenomena yang ada di alam raya ini. Dengan kata lain, setiap apa yang ada di alam raya ini memiliki sejarah masing-masing atau paling tidak riwayat asal-usulnya.

Dalam mata kuliah Konsep Dasar IPS, Sejarah ini terutama ditujukan pada pembahasan hidup dan kehidupan manusia dalam konteks sosialnya. Oleh karena itu pembahasannya menitikberatkan kepada "Sejarah sebagai salah satu bidang ilmu sosial yang dapat dikonsepkan."

Kunci dalam pengertian Sejarah terletak pada masa lampau, baik itu berupa peristiwa, pengalaman kolektif maupun riwayat masa lampau tersebut. Sejarah sesungguhnya melekat pada tiap benda, tiap diri makhluk hidup (baik yang hidup dan tak hidup), serta setiap fenomena yang terdapat di alam raya ini.

Dengan kata lain, tiap apa yang ada di alam raya ini memiliki sejarah masing-masing, atau paling tidak ada riwayat asal-usulnya. Secara objektif, suatu peristiwa ataupun pengalaman hidup dimasa lampau tidak dapat diulang kembali. Sejarah sebagai bidang ilmu sosial memiliki konsep dasar, antara lain:
  1. Waktu
  2. Dokumen
  3. Alur Peristiwa
  4. Kronologi
  5. Peta
  6. Tahap-tahap Peradaban
  7. Ruang
  8. Evolusi
  9. Revolusi


Download materi lengkapnya disini



Referensi:
Powerpoint tentang "Karakteristik Konsep Sejarah" dari bpk Ibnu Hurri, H. S.sos 




0 komentar:

Poskan Komentar