Kamis, 23 Mei 2013

Posted by Ai Rahmawati | File under :
Setiap tempat dipermukaan bumi mempunyai ciri-ciri yang khusus dimana dapat dibedakan antara tempat yang satu dengan tempat yang lain. Oleh karena itu konsep tempat dinamakan wilayah (region). Konsep tempat dalam pengertian wilayah dapat digunakan sebagai pendekatan geografi, klasifikasinya adalah sebagai berikut:
  • Uniform Region (Wilayah Formal)
Uniform region atau region statis yaitu region yang dibentuk oleh adanya kesamaan kenampakan, termasuk iklim, vegetasi, tanah, landform, pertanian atau penggunaan lahan. Uniform region juga disebut dengan wilayah formal. Homogenitas dari wilayah formal dapat ditinjau berdasarkan kriteria fisik atau alam ataupun kriteria sosial budaya. Wilayah formal berdasarkan kriteria fisik didasarkan pada kesamaan tofografi, jenis batuan, iklim dan vegetasi.
  • Nodal Region (Wilayah Fungsional)
Nodal Region adalah suatu wilayah yang diatur oleh beberapa pusat kegiatan yang dihubungkan melalui garis melingkar. Wilayah Nodal secara fungsional mempunyai ketergantungan antara pusat (inti) dan daerah belakangnya (interland). Tingkat ketergantungan ini dapat dilihat dari arus penduduk, faktor produksi, barang dan jasa, ataupun komunikasi dan transfortasi. Nodal Region atau Region Dinamis ditandai oleh gerak dari dan ke pusat. Pusat ini disebut sebagai node. Wilayah Nodal dikatakan dinamis sebab didefinisikan sebagai gerakan bukan objek yang statis dan terdapat fungsi suatu tempat sebagai sirkulasi. Hubungan antarpusat kegiatan pada umumnya dicirikan dengan adanya arus transportasi dan komunikasi yang pada akhirnya menunjang pertumbuhan dan perkembangan dari setiap wilayah tersebut.
  • Generic Region
Generic Region adalah wilayah yang diklasifikasikan berdasarkan jenisnya sehingga fungsi wilayah yang bersangkutan diabaikan. Penggolongan wilayah ini didasarkan pada kenampakan jenis tertentu.
  • Specific Region
Specific Region yaitu wilayah berdasarkan kekhususan sehingga merupakan daerah tunggal yang mempunyai ciri-ciri tersendiri. 




Download materi lengkapnya disini


Referensi:
- Buku Konsep Dasar IPS oleh Abdul Aziz Wahab, dkk.
- Google

0 komentar:

Poskan Komentar